Indeks saham di Asia di tutup menguat pada perdagangan akhir pekan. Bursa Saham Tiongkok kembali berhasil mempertahankan penguatan di awal perdagangan serta mencapai nilai indeks tertinggi dalam sepekan. Penguatan indeks Shanghai di akhir pekan ini ditopang oleh penguatan saham perbankan menyikapi kebijakan baru perbankan dari PBOC.

Reformasi perbankan yang di lakukan oleh bank sentral Tiongkok adalah memperboleh perusahaan perbankan yang beroperasi di dalam zona perdagangan bebas di Shanghai untuk meminjam dana tanpa harus melalui  regulasi yang rumit.

Ekonomi Jepang kemungkinan merangkak keluar resesi pada kuartal terakhir 2014, dibantu oleh meningkatnya ekspor dan yen yang melemah. Produk Domestik Bruto diperkirakan telah berkembang 3,6% selama Oktober-Desember periode kuartal sebelumnya pada basis tahunan. Pemerintah akan merilis perkiraan awal terhadap PDB kuartal keempat pada hari Senin di Jepang.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di menguat 30.75 poin (0.57%) ke level 5,374.1, Indeks saham Blue Chip LQ-45 naik 8.89 poin (0.96%) ke level 937.82. Investor asing mencatatkan Nett Buy sebesar IDR 1,284.5 Triliun ke pasar saham domestik.

Wall Street ditutup menguat, DJIA naik 0,26% atau 46,97 poin menjadi 18.019,35 dan S&P 500 naik 0,41% atau 8,51 poin menjadi 2.096,99. Faktor utama penguatan bursa AS masih dipengaruhi oleh rilis laporan keuangan emiten-emiten kuartal IV-2014 yang memuaskan, namun diprediksi kuartal I-2015 akan memburuk.

Bursa Eropa ditutup menguat, pertumbuhan ekonomi di kawasan mata uang euro tumbuh tak terduga pada kuartal terakhir 2014. Perekonomian Jerman yang meningkat dua kali lipat dari target yang diharapkan menjadi faktor utama. Jerman membukukan pertumbuhan tertinggi mencapai 0,7% di kuartal empat tahun lalu. GDP Eropa kuartal IV-2014 tumbuh 0,9% yoy dan 0,3% qoq.

IHSG diprediksi akan bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Pasar Amerika dan Eropa ditutup naik. Meskipun tingkat kepercayaan konsumen di AS menurun bulan lalu, namun dapat angka pertumbuhan ekonomi zona Euro yang rata-rata meningkat terutama ekonomi Jerman yang meningkat 2x lipat telah mengembalikan kepercayaan investor global. Hari ini investor masih menantikan data neraca perdagangan zona euro yang diprediksi juga meningkat. Harga minyak mentah kemabali rebound dan berada di atas US$ 60 per barel. Rapat negosiasi antara Yunani dengan kreditur akan dilanjutkan hari ini. Pasar Asia dibuka naik pagi ini. Ekonomi Jepang mulai meningkat seiring nilai ekspor negara tersebut yang tercatat di atas ekspektasi. Dari dalam negeri, proyek tender untuk pembangunan infrastruktur akan di ajukan mulai Maret-April. Neraca perdagangan kuartal IV 2014 mengalami surplus dan diperkirakan akan berlajut untuk bulan Januari, meskipun ekspor mengalami penurunan di bulan tersebut.

Sedangkan secara teknikal, pola candle IHSG berbentuk Spinning Top dengan indikasi masih cukup negatif yaitu membentuk pola Evening star. Indikator Stochastic masih bergerak konsolidasi pada area dekat overbought dan indikator RSI dan CCI yang mendekati batas jenuh beli. Diprediksikan IHSG akan bergerak mixed cenderung kembali tertekan dengan range pergergerakan 5320-5380.

0 comments:

Post a Comment

 
Terasbursa.com © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top