Indeks saham di Asia ditutup melanjutkan penguatannya. Bursa saham Hong Kong dan Korea Selatan libur untuk merayakan kelahiran Buddha.

Dari China, indeks saham Shanghai ditutup menguat 156.2 poin (3.35%) ke level 4.813,8, reli untuk hari kelima menuju tujuh tahun tertinggi. China akan memangkas pajak impor terhadap barang-barang konsumen lebih tinggi dari 50% guna mendorong belanja konsumen.

Bursa saham Jepang melanjutkan reli positif untuk ketujuh harinya, Indeks saham Nikkei 225 ditutup menguat 149.36 poin (0.74%) ke level 20.413,8, begitu juga dengan indeks Topix, naik sebesar 11.3 poin (0.69%) ke level 1.659,6, pasca tingkat ekspor Jepang naik lebih dari estimasi dan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS lebih awal menekan nilai tukar yen.

Nilai ekspor Jepang pada April naik 8% dari tahun sebelumnya, naik lebih tinggi dari estimasi kenaikan 6%. Tingkat impor turun sebanyak 4.2%, menghasilkan defisit perdagangan senilai 53.4 milyar yen (439 juta dollar). Tingkat ekspor Jepang berhasil melebihi impor untuk pertama kalinya dalam hampir selama 3 tahun pada bulan Maret.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah sebesar 26.79 poin (0.50%) ke level 5.288.4, indeks saham Blue Chip LQ-45 kehilangan 5.68 poin (0.61%) ke level 920.9. Investor asing mencatatkan Nett Sell sebesar IDR140.2 miliar ke pasar saham domestik.

Bursa saham AS libur untuk merayakan Memorial Day.

Bursa saham Eropa ditutup melemah, meskipun mayoritas bursa saham libur Whit Monday. Indeks saham CAC 40 Perancis ditutup kehilangan 25.72 poin (0.50%) ke level 5.117,2.

Pelemahan yang terjadi di bursa saham Eropa seiring kekhawatiran atas masalah hutang Yunani dan hasil pemilu lokal di Madrid menggerus sentimen investor. Pemerintah Yunani pada hari Senin mengatakan bahwa mereka masih berupaya menjaga komitmen untuk membayar kewajiban hutangnya, namun untuk melakukannya mereka sangat membutuhkan bantuan.

Di Spanyol, People's Party yang berkuasa mendapat pukulan telak dalam pemilu regional dan lokal yang digelar hari Minggu. Hasil itu tidak lepas dari keputusan PM Mariano Rajoy menerapkan pemangkasan belanja yang ekstrim dan serangkaian skandal korupsi dalam 4 tahun terakhir.

IHSG diprediksi akan bergerak mixed cenderung melemah pada perdagangan hari ini. Pasar Amerika kemarin ditutup dalam rangka memperingati Memorial Day sedangkan sebagian pasar Eropa ditutup turun kemarin karena sepinya transaksi akibat beberapa negara juga libur dalam rangka memperingati Whit Monday yang merupakan perpanjangan dari hari raya Pentakosta. Bank Sentral Eropa mengatakan akan memperlambat pembelian obligasi sektor publik, meskipun sebelumnya mengatakan akan mempercepat pembelian obligasi sebelum likuiditas mengering menjelang musim panas di Eropa. Mata uang Euro tertekan setelah The Fed memastikan kenaikan suku bunga tahun ini, serta kekhawatiran yang kembali meningkat bahwa Yunani akan meninggalkan zona Euro. Hari ini investor masih menunggu data pesanan barang tahan lama dan tingkat kepercayaan konsumen di Amerika. Pasar Asia dibuka mixed cenderung naik pagi ini. Ekspor Jepang naik 8% diatas ekspekasi pada bulan April dan GDP Singapura meningkat jauh di atas perkiraan pada kuartal pertama tahun ini. Dari dalam negeri, kredit properti meningkat sekitar Rp 20 triliun setelah BI melonggarkan LTV.

Secara teknikal koreksinya IHSG pada perdagangan hari ini cukup wajar setelah 2 hari sempat menyentuh target bullish butterfly harmonic pattern dikisaran level 5225 dan membentuk pola spinning top selama 3 hari. Indikator Stochastic pun mengkonfirmasi dead-cross dengan pelemahan dan Momentum bearish dari RSI. Pelemahan histogram dihari pertama Indikator MACD mengindikasikannya pergerakan yang telah mulai tertekan aksi jual. Diprediksikan IHSG masih akan bergerak bearish dengan range pergerakan 5220-5300. Disarankan Investor mulai melakukan penjualan diharga tinggi pada saham-saham yang telah naik cukup tinggi dan jenuh beli.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Terasbursa.com © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top